Loading Posts...

Wow, Inilah 5 Game Populer yang Habiskan Biaya Produksi Lebih Mahal dari Film Hollywood!

game populer
Sumber: Forbes

Error: Your Requested widget " custom_html-6" is not in the widget list.
  • [do_widget_area default-sidebar]
    • [do_widget_area single-left]
      • [do_widget_area single-right]
        • [do_widget_area widgets_for_shortcodes]
          • [do_widget id="custom_html-6"]
          • [do_widget id="custom_html-5"]
        • [do_widget_area wp_inactive_widgets]

          Seperti yang kita ketahui, banyak produser yang rela menghabiskan dana miliaran hingga triliunan rupiah untuk memproduksi sebuah film Hollywood. Tapi ternyata film Hollywood tak selalu menjadi hiburan paling mahal untuk diproduksi lho!

          Dilansir dari laman investopedia.com, rata-rata film blockbuster Hollywood menghabiskan biaya sekitar USD100 juta (sekitar Rp1,37 triliun). Sementara ada beberapa game populer yang ternyata telah menghabiskan biaya produksi melebihi angka tersebut.

          Berikut adalah 5 game populer yang menghabiskan biaya lebih dari film-film Hollywood. Sebagai informasi tambahan semua angka dalam daftar ini adalah total biaya gabungan pengembangan dan pemasaran yang disesuaikan dengan inflasi tahun 2016.

          1Star Wars: The Old Republic

          game populer

          Sumber: StarWars

          Bukan sebuah hal yang sulit bagi Lucasfilm untuk mengeluarkan dana lebih dari USD200 juta (sekitar Rp2,75 triliun) untuk memproduksi film Star Wars. Tapi tampaknya agak tidak realistis jika sebuah studio pengembang game untuk menyediakan uang sebanyak itu untuk sebuah video game Star Wars.

          Well, meskipun tidak masuk akal, bukan berarti tidak mungkin lho! Dilansir dari laman latimes.com, pengembang game asal Kanada, BioWare telah menghabiskan dana sebesar USD211 juta (sekitar Rp2,90 triliun), di mana USD200 juta diperkirakan telah masuk ke dalam biaya pengembangan saja.

          Jika kita melihat hanya pada biaya pengembangan game, tentu game populer ini akan menjadi yang paling mahal. Namun, disini kami mempertimbangkan juga biaya pemasaran, jadi itulah mengapa Star Wars: The Old Republic berada di posisi paling bawah dalam daftar kami.

          2Final Fantasy VII

          game populer

          Sumber: redbull

          Dilansir dari laman eurogamer.net untuk pengembangan Final Fantasy VII, pengembang menghabiskan dana sebesar USD45 juta (sekita Rp619 miliar) dan untuk promosi sebesar USD100 juta (sekitar Rp1,37 triliun).

          Jika disesuaikan dengan inflasi, maka jumlah biaya produksi game populer ini total sekitar USD214 juta (sekitar Rp2,94 triliun). Memang mahal, tapi itu sepadan mengingat Final Fantasy VII menjadi salah satu JRPG paling populer saat ini.

          3Grand Theft Auto V

          game populer

          Sumber: gameuptorino

          Mengembangkan sebuah game untuk multi platform yang memiliki keunggulan baik secara grafis maupun naratif memang membutuhkan biaya produksi yang tidak sedikit.

          Baca Juga: Guide Rules of Survival: 5 Tips Tanpa Cheat yang Bisa Bikin Kamu Gampang Menang!

          Dilansir dari laman ibtimes.com, total biaya produksi Grand Theft Auto V sekitar USD270 juta (sekitar Rp3,71 triliun), dengan rincian biaya pengembangan sekitar USD137 juta (sekitar Rp1,88 triliun) dan sisanya untuk biaya pemasaran.

          4Call of Duty: Modern Warfare 2

          game populer

          Sumber: steam

          Call of Duty tidak diragukan lagi adalah salah satu franchise video game terbesar yang pernah ada. Dengan 13 seri yang telah dirilis dari awal debut tahun 2003, total lebih dari 175 juta kopi telah terjual, dan seri Modern Warfare adalah yang paling banyak menyumbang penjualan tersebut, melansir dari laman gamezone.com.


          Error: Your Requested widget " custom_html-5" is not in the widget list.
          • [do_widget_area default-sidebar]
            • [do_widget_area single-left]
              • [do_widget_area single-right]
                • [do_widget_area widgets_for_shortcodes]
                  • [do_widget id="custom_html-6"]
                  • [do_widget id="custom_html-5"]
                • [do_widget_area wp_inactive_widgets]

                  Dilansir dari laman escapistmagazine.com, tahun 2009, Activision merilis sekuel Call of Duty: Modern Warfare 2, dengan biaya pengembangan sebesar USD50 juta (sekitar Rp688 miliar) dan biaya promosi sebesar USD200 juta (sekitar Rp2,75 triliun). Jika disesuaika dengan inflasi, maka total Activision telah menghabiskan biaya sebesar USD276 juta (sekitar Rp3,8 triliun) untuk Modern Warfare 2.

                  5Destiny

                  game populer

                  Sumber: gameranx

                  Dilansir dari laman reuters.com, biaya pengembangan game Destiny mencapai USD140 juta (sekitar Rp1,92 triliun), sementara untuk biaya promosi Activision telah menghabiskan USD361 juta (sekitar Rp4,97 trilun).

                  Sehingga jika ditotal dan disesuaikan dengan inflasi, maka total biaya produksi game Destiny adalah USD501 juta (sekitar Rp6,9 triliun), atau menjadi game populer dengan biaya produksi paling mahal dalam sejarah industri game dan saat artikel ini ditulis.

                  Loading Posts...